HAKIKAT FISIKA

Apa itu Fisika ?





Awal mula adanya ilmu fisika yakni pada berbagai macam pertanyaan yang timbul dalam benak manusia mengenai segala apa yang ada dan terjadi di alam yang membuat manusia melakukan berbagai upaya guna mencari jawabannya.
Sebagaimana Isaac Newton yang berangkat dari rasa penasaran dan keingintahuan yang besar, dimana pada suatu hari Newton melihat apel yang jatuh. Dengan pengamatan lebih jauh dan berbagai pengukuran maka Newton mengambil kesimpulan bahwa ada sesuatu kekuatan yang menarik apel tersebut jatuh ke bawah. Kekuatan itu yang kita kenal sekarang dengan nama gravitasi.
Fisika mengkaji benda-benda di alam secara fisik dan merumuskannya secara matematis melalui pengukuran secara kuantitatif. Fisika ialah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari gejala alam secara keseluruhan seperti materi, energi, dan fenomena alam.
                           
                     Hakikat Fisika itu bagaimana yaa ?
Alam dengan segala keseimbangannya tentu diciptakan oleh sang Pencipta. Dimana manusia diperintahkan untuk melihat alam secara jeli dalam artian menyuruh kita mengamati, meneliti bahkan melakukan eksperimen untuk penyelidikan para ilmuwan guna membuktikan suatu teori atau untuk menciptakan teori baru.

Seperti Thomas alva edison penemu lampu yang melakukan eksperimen secara berulang-ulang. Ketika ia sedang berusaha keras dalam menemukan komponen yang tepat untuk bohlamnya, Edison sangat penasaran sampai mencoba 60.000 kali percobaan dengan material yang berbeda-beda hingga eksperimennya berhasil.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh para ilmuwan maka diperoleh kumpulan pengetahuan. yang mempelajari sifat dan gejala alam yang kesemuanya itu memerlukan proses mental dan sikap yang berasal dari pemikiran sebagai jalan berpikir yang kreatif dan berkreasi. Jalan berpikir para ilmuwan diiringi dengan sikap-sikap ilmiah seperti jujur, rasa ingin tahu, bertanggung jawab, disiplin dan sebagainya. 

Comments

Popular posts from this blog

STRATEGI PERJUANGAN MUHAMMADIYAH DAN GERAKANNYA

Pendekatan Dalam Proses Pembelajaran Fisika

ALAT UKUR DAN PENGUKURAN