Contoh RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Guruan : SMA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester : X1/2
Materi
Pokok :
Alat-alat optik
Alokasi Waktu : 2 ×45 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Dasar (KD)
3.11
Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan
cahaya oleh cermin dan lensa
4.1.1 Membuat
karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan atau pembiasan pada cermin dan
lensa
B.
Indikator
Pencapaian KD
3.11.1
Menganalisis
cara kerja mata dan kaca mata
dengan menggunakan sifat pemantulan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
3.11.2
Menganalisis cara kerja lup dan mikroskop menggunakan
sifat pembiasan
cahaya oleh lensa
3.11.3
Menganalisis cara teropong dan kamera dengan menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.11.1
Membuat teropong sederhana
C.
Tujuan Pembelajaran
3.11.2.1Diberikan bahan
bacaan peserta didik secara berkelompok dapat menjelaskan fungsi lup dengan
benar
3.11.2.2 Diberikan LKPD
peserta didik secara berkelompok dapat menentukan perbesaran bayangan lup pada
pengamatan berakmodasi maksimum
3.11.2.3 Diberikan LKPD
peserta didik secara berkelompok dapat menentukan perbesaran bayangan lup pada
pengamatan tanpa berakomodasi.
D.
Materi Pembelajaran
Alat-alat optik : Lup
E.
Metode Pembelajaran
Model :
problem basic learning
Pendekatan : saintifik
Metode : kajian
pustaka, tanya jawab dan diskusi kelompok
F.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
·
Menyapa peserta didik dengan salam “ Assalamu Alaikum Wr. Wb.bagaimana
kabarnya siang ini? Mengecek kehadiran dengan menanyakan kepada ketua kelas
·
Guru meminta salah seorang peserta didik untuk
memimpin doa sebelum memulai pelajaran
·
Apersepsi untuk mengaitkan materi yang akan
diajarkan “Anak-anak, kemarin jam
tangan Ibu jatuh dan pecah sampai terlihat bagian dalamnya. Lalu Ibu
berfikir, bagaimana ya tukang jam itu bisa memperbaiki jam dengan baik,
sementara rangkaiannya sangat kecil seperti itu? Ada yang bisa manjawab
pertanyaan Ibu?”
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point
·
Menjelaskan prosedur kegiatan yang akan dilakukan
peserta didik
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah, stimultion
·
Guru menunjukkan gambar LUP melalui power point
·
Peserta didik memperhatikan bagian-bagian dari LUP
·
Guru membuka kesempatan kepada peserta didik bertanya
mengenai lup yang diperlihatkan, misalnya mengapa pada lup yang digunakan
adalah lensa cembung? Mengapa bukan cermin, atau lensa cekung?
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan
inti
Fase
2: Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, tiap
kelompok terdiri dari 5 orang
·
Guru membagikan bahan bacaan kaca pembesar dan
meminta peserta didik membacanya mulai
dari halaman 1 sampai halaman 6 selama 20 menit
·
Guru membagikan LKPD LUP secara berkelompok
·
Peserta didik diminta untuk membaca LKPD LUP
selama 5 menit
Fase 3: Membimbing
penyelidikan individu/kelompok (data processing)
Eksperimen/eksplorasi
·
Peserta didik diminta untuk mengerjakan LKPD kaca
pembesar sesuai dengan petunjuk yang
ada di dalamnya
·
Guru membimbing peserta didik untuk mengerjakan
LKPD LUP
·
Guru mengarahkan agar semua peserta didik dapat
terlibat aktif dalam kelompoknya.
Fase 4: Mengembangkan dan menyaji hasil karya
Mengasosiasikan/
mengolah informasi
·
Peserta didik menuliskan hasil pengamatan tentang
perbesaran LUP untuk mata berakomodasi maupun mata tak berakomodasi
Fase 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·
Peserta didik melakukan pencermatan data yang
diperoleh
·
Peserta didik menyimpulkan perbesaran LUP untuk
mata berakomodasi maupun mata tak berakomodasi
·
Peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan
dan dikonfirmasi oleh guru, serta kelompok lain menanggapi presentasi
kelompok tersebut.
·
Guru
menilai kemampuan peserta didik berkomunikasi lisan
|
110 menit
|
3.
|
Penutup
·
Peserta didik membuat kesimpulan hasil belajar
tentang perbesaran LUP untuk mata berakomodasi maupun mata tak berakomodasi
·
Guru memberikan penguatan kepada peserta didik
yang sudah aktif dalam pembelajaran
·
Memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk
mengerjakan soal yang ada pada buku yang berkaitan dengan LUP
·
Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam
·
Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada
pertemuan selanjutnya
·
Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin
doa
|
10 menit
|
|
|
135
menit
|
G. Sumber
Belajar
Media :
Bahan Bacaan Pesrta didk , LKPD, power
point
Alat dan Bahan : -
H. Penilaian, Pembelajaran, Remedial,
dan Pengayaan
1. Penilaian:
a. Jenis
penilaian : obserfasi dan tes tertulis
b. Instrumen
: keterampilan dan pengetahuan
2. Pembelajaran
remedial: peserta didik yang nilainya telah mencapai KBM maka diberikan
pengayaan sedangkan peserta didik yang nilainya tidak mencapai KBM diberikan
remedial
3. Pengayaan:
diberikan soal-soal analisi terkait Lup
Comments
Post a Comment