CONTOH RPP KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                   : SMA
Mata Pelajaran                      : FISIKA
Kelas/Semester                      : Kelas XI/ Ganjil
Materi Pokok                         : Momen Gaya dan Momen Couple
Pertemuan                             : Pertama
Alokasi Waktu                       : 2 x 45 menit
 


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

3.1.1.1       Melalui LKPD 01 dan bahan bacaan tentang momen gaya/torsi, peserta didik dapat merumuskan pengaruh torsi / momen gaya pada sebuah benda dengan benar

3.1.1.2       Melalui LKPD 01 dan bahan bacaan tentang momen kopel, peserta didik dapat menggunakan konsep momen kopel untuk berbagai bentuk benda dengan benar

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1              Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
2.1.            Menunjukkan perilaku ilmiah (percaya diri dan jujur) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan, melaporkan, dan berdiskusi.
3.1.            Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari misalnya dalam olahraga.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Indikator KD-KI. 1
Indikator KD-KI. 2
2.1.1    Menunjukkan sikap percaya diri dalam meyampaikan pendapat
2.1.2    Menunjukkan perilaku berfikir kritis dalam menyelesaikan tugas
Indikator KD-KI. 3 (Pertemuan Pertama)
3.1.1    Menyelidiki pengaruh torsi atau momen gaya pada sebuah benda dalam           kaitannya dengan gerak rotasi benda tersebut

D.    MATERI PEMBELAJARAN
-          Fakta :
-          Memutar mur baut dengan menggunakan kunci inggris merupakan terapan momen gaya/torsi,
-          Stir pada mobil merupakan terapan momen kopel.
-          Konsep :
-          Hasil per silang antara vector posisi r dengan gaya F, dapat dituliskan τ = r × F disebut momen gaya / torsi
-          Hasil kali antara besar vektor lengan momen ( jarak antara kedua gaya ) dengan vektor gaya M = L × F disebut momen kopel
-          Prinsip :
-          Gerak rotasi adalah gerak benda pada bidang datar yang lintasannya berupa lingkaran
-          Momen gaya atau torsi adalah besaran yang dapat menyebabkan benda berotasi
-          Momen couple adalah jika dua buah gaya yang sama besar sejajar dan berlawanan arah melakukan gerakan memutar atau gerakan rotasi.
-          Prosedur :
-          Semakin besar jari jari maka akan semakin besar juga momen gaya pada benda itu sama halnya dengan gaya nya, jika semakin besar gaya yang diberikan maka akan semakin besar pula momen gaya nya .
-          Semakin besar gaya yang diberikan maka akan semakin besar pula momen kopel benda itu, dan semakin besar lengan gaya pada benda maka akan semakin besar pula momen kopel nya.


E.     MODEL PEMBELAJARAN DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Model Pembelajaran                    : Discovery Learning
·         Metode Pembelajaran                  : Diskusi Kelompok, tanya jawab
·         Pendekatan                                  : Pendekatan Ilmiah (Saintifik)

F.     MEDIA, ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
-        Media                          : Power point, video pelepasan sekrup pada ban mobil
-        Alat dan Bahan           :  LCD
-        Sumber belajar            : Materi pelajaran tentang momen gaya dan couple,LKPD 01

G.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
(model pembelajaran Discovery Learning)
Waktu
Pendahuluan
·      Menyapa peserta didik dan mengucapkan salam
·      Mengecek kehadiran peserta didik
·      Mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya yaitu materi  vektor, momentum, usaha.
·      Guru menampilkan judul dan tujuan pembelajaran melalui slide yaitu momen gaya (torsi) dan momen couple.
·      Peserta didik berdoa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.






10 menit
Kegiatan Inti
Fase 1 : Orientasi peserta didik pada masalah, Stimulation
·      Menayangkan video cara pelepasan sekrup ban mobil menggunakan beberapa alat.(Menyimak)
·      Memberi pertanyaan tentang, “cara yang manakah lebih mudah digunakan untuk memutar sekrup, Mengapa demikian?”.
·         Memancing rasa percaya diri peserta didik untuk memberikan pendapat terkait video yang diberikan guru.
·      Menunjuk beberapa peserta didik untuk menjawab pertanyaan, dengan prediksi alternatif jawaban:
-      Cara pertama. Karena gaya yang diberikan lebih besar.
-      Cara kedua. karena lengan kunci pada cara kedua lebih panjang dari cara pertama.
-      Cara kedua, karena lengan kunci pada cara kedua lebih panjang dan diberi gaya yang lebih sedikit dari pada cara pertama. Problem Statement
Fase  2 : Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·      Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, tiap kelompok terdiri atas 3-4  orang
·      Peserta didik dibagikan LKPD 01 dan buku bacaan (materi pelajaran) tentang momen gaya dan momen  couple yang dibuat oleh guru
·      Peserta didik di arahkan untuk menyelesaikan LKPD sesuai pertanyaan yang ada dalam LKPD (Menanya)(Data Collection)
Fase 3 : Membimbing penyelidikan individu/kelompok (Data Processing)
·      Peserta didik bekerja dalam kelompok dan mendiskusikan hasil pengamatan gambar sesuai LKPD 01 dan menelaah bacaan yang diberikan guru
·      Guru memberikan arahan dalam mengolah hasil diskusi bila perlu dan mengarahkan penyiapan bahan presentasi kelompok(Mengumpulkan Informasi, Menalar)
Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·      Peserta didik menganalisis dan menyimpulkan hasil pengamatan gambar yang ada dalam LKPD 01, guru menilai peserta didik dalam menyelesaikan LKPD 01.
·      Menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengamatan dan kelompok lain menggapi(Mengkomunikasikan)
Fase 5 : (Verification/Pembuktian)
·      Melalui diskusi klasikal peserta didik mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan yang didapatkan dalam pengamatan.
·      Guru menanggapi hasil diskusi dan memberikan penguatan pemahaman atau mengklarifikasi miskonsepsi dan memberikan informasi tambahan bila dianggap perlu.
·      Peserta didik dan guru secara bersama-sama menjawab pertanyaan yang ditanyakan di awal pembelajaran (tentang video).
·      Guru meminta peserta didik untuk menyelesaikan  tugas evaluasi pada buku bacaan, untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
·      Peserta didik menyelesaikan tugas evaluasi yang dibagikan guru































70 Menit
Penutup
Fase 6 : Generalization ( Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
·         Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
·         Memberikan informasi materi pembelajaran selanjutnya tentang momen inersia.
·         Doa dan mengucapkan salam




10 Menit


H.    PENILAIAN
1.         Teknik Penilaian
a)      Observasi (keterampilan/psikomotor)
b)      Tes tertulis ( penilaian pengetahuan/kognitif )
2.         Instrumen Penilaian
a)      Kognitif (Lampiran 1A)
b)      Keterampilan (Lampiran 2A)

3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

Comments

Popular posts from this blog

STRATEGI PERJUANGAN MUHAMMADIYAH DAN GERAKANNYA

Pendekatan Dalam Proses Pembelajaran Fisika

ALAT UKUR DAN PENGUKURAN