CONTOH RPP KURIKUM 2013 MATERI GELOMBANG MEKANIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Guruan                                    : SMA
Mata Pelajaran                         : Fisika
Kelas/Semester                        : X1/2
Materi Pokok                          : Gelombang Mekanik
Alokasi Waktu                        : 2 ×45 menit (1 kali pertemuan)
A.    Kompetensi Dasar (KD)
3.8.  Menganalisis karakteristik gelombang mekanik
4.8. Melakukan percobaan tentang salah satu karakteristik gelombang   mekanik berikut presentasi hasilnya
B.     Indikator Pencapaian KD
3.8.2. Menganalisis karakteristik pemantulan pada gelombang mekanik
4.8.2. Melakukan percobaan menggunakan virtual lab untuk menyelidiki karakteristik pemantulan gelombang mekanik
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Diberikan bahan bacaan peserta didik secara berkelompok dapat menjelaskan istilah-istilah gelombang dengan benar
2.      Diberikan bahan bacaan peserta didik secara berkelompok dapat menjelaskan besaran-besaran gelombang dengan benar
3.      Diberikan bahan bacaan pserta didik secara berkelompok dapat menganalisis besaran-besaran gelombang dalam menyelesaikan masalah dengan benar
4.      Diberikan bahan bacaan peserta didik dapat secara berkelompok mengelompokkan jenis-jenis gelombang
5.      Diberikan LKPD pemantulan gelombang mekanik dan simulasi peserta didik secara berkelompok dapat menyelidiki konsep dan karakteristik gelombang mekanik (pemantulan)
D.    Materi Pembelajaran
1.      Gelombang secara umum
2.      Pemantulan gelombang mekanik
E.     Metode Pembelajaran
Model                    : inquiry terbimbing
Pendekatan           : saintifik
Metode                 : simulasi dan diskusi kelompok
F.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Rincian Kegiatan
Langkah Pendekatan Saintifik
Waktu
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam/menyapa, peserta didik membalas salam
·         Guru bersama peserta didik membuka pembelajaran dengan doa
·         Guru mengecek kehadiran peserta didik
Kegiatan Inti
Fase 1 : Orientasi
·         Apersepsi materi SMP tentang getaran dan gelombang
·         Memotivasi peserta didik dengan menampilkan simulasi PhET (gelombang datang belum menabrak penghalang, dan ditanyakan kira-kira apa yang terjadi jika gelombang menabrak penghalang?)
·         Guru menampilkan power point yang berisi tujuan pembelajaran
·         Menyampaikan skenario pembelajaran
·         Guru membagikan bahan bacaan peserta didik secara berkelompok
·         Peserta didik membaca bahan bacaan yang telah dibagikan
·         Guru membagikan LKPD Pemantulan gelombang Mekanik kepada tiap kelompok
·         Secara berkelompok peserta didik mencermati LKPD yang telah dibagikan
Fase  2 Rumuskan masalah dan Hipotesis
·         Secara berkelompok peserta didik menjawab rumusan masalah (membuat) hipotesis pada LKPD Pemantulan gelombang mekanik
·         Rumusan masalah: Apa yang terjadi apabila gelombang air menabrak penghalang ? Jika posisi penghalang kita ubah, maka apa yang terjadi apabila gelombang air menabrak penghalang?
·         Hipotesisi : jika gelombang air mengenai dinding maka akan dipantulkan, tetapi arahnya berlawanan dengan arah gelombang datangnya, dan jika posisi penghalang diubah-ubah maka ketika gelombang air mengenai penghalang akan tetap dipantulkan dengan arah yang berlawanan dengan arah gelombang datangnya.
Fase 3 pengumpulan data melalui percobaan
·         Guru menampilkan simulasi PhET  dan meminta peserta didik mengamati simulasi tersebut
·         Peserta didik secara berkelompok mengerjakan LKPD Pemantulan Gelombang mekanik yang telah dibagikan sesuai dengan arahan pada LKPD Pemantulan Gelombang Mekanik
Fase 4 Pengujian Hipotesisi
·         Setiap kelompok membuat kesimpulan berdasarkan hasil percobaan pada simulasi PhET tentang pemantulan gelombang mekanik (hipotesis diterima atau hipotesis ditolak)
Fase 5 merumuskan Kesimpulan
·         Secara berkelompok peserta didik menyiapkan hasil diskusi kelompok mereka tentang pemantulan gelombang mekanik dan mempresentasikanya di depan kelas
·         Guru memandu jalannya diskusi kelas yang sedang berlangsung
·         Peserta didik bertanya atau menanggapi hasil diskusi kelompok yang dipresentasikan
·         Kelompok peserta didik yang tampil memberikan penjelasan kepada kelompok peserta didik yang bertanya sesuai dengan apa yang telah didiskusikan pada kelompoknya
·         Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran terkait pemantulan gelombang mekanik
·         Guru memberikan tugas tambahan agar siswa lebih menguasai pemahaman konten (jika tenggang waktu memungkinkan) jika tidak memungkinkan tugas tambahan tersebut diberikan untuk dikerjakan di rumah
Kegiatan Penutup
·         Guru menanyakan manfaat pemantulan gelombang mekanik dalam kehidupan sehari-hari
·         Guru menyampaikan kepada peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu tentang pembiasan gelombang mekanik
·         Guru meminta salah seoarang peserta didik untuk memimpin doa untuk menutup pembelajaran
·         Salah seorang peserta didik memimpim doa










































Mengamati

Mengumpulkan Informasi










Mengkomunikasikan





Menanya


Mengkomunikasikan

10 menit











70 menit




























































10 menit

G.    Sumber Belajar
Media                   : Bahan Bacaan Pesrta didk , LKPD, power point, simulasi PhET
Alat dan Bahan   : -
H.      Penilaian, Pembelajaran, Remedial, dan Pengayaan
1.    Penilaian:
a.    Jenis penilaian : obserfasi dan tes tertulis
b.    Instrumen : keterampilan dan pengetahuan
2.    Pembelajaran remedial: peserta didik yang nilainya telah mencapai KKM maka diberikan pengayaan sedangkan peserta didik yang nilainya tidak mencapai KKM diberikan remedial

3.    Pengayaan: diberikan soal-soal analisi terkait besran-besaran umum gelombang

Comments

Popular posts from this blog

STRATEGI PERJUANGAN MUHAMMADIYAH DAN GERAKANNYA

Pendekatan Dalam Proses Pembelajaran Fisika

ALAT UKUR DAN PENGUKURAN