CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATERI HUKUM PASCAL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Guruan : SMA
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester : X1/1
Materi Pokok : Fluida Statis
Alokasi Waktu : 3×45 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI
2 : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai), responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Menerapkan hukum-hukum fluida statis dalam
kehidupan sehari-hari
4.3 Merancang dan melakukan percobaan yang memanfaatkan
sifat-sifat fluida statis, berikut presentasi hasil percobaan dan
pemanfaatannya
C. Indikator
Pembelajaran
3.3.1 Menerapkan konsep tekanan hidrostatis dalam
pemecahan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
3.3.2 Menerapkan prinsip hukum Pascal dalam
pemecahan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
4.3.1 Merancang dan melakukan percobaan untuk
menyelidiki hubungan tekanan hidrostatis dengan kedalaman fluida
4.3.2 Merancang dan melakukan percobaan untuk
memahami hukum pascal
D. Tujuan
Pembelajaran
3.3.2.3
peserta didik secara berkelompok (5 orang) dapat menjelaskan tentang hukum
pascal dengan melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan pada LKPD 2 dengan
benar
3.3.2.4
peserta didik secara berkelompok (5 orang) dapat menjelaskan tentang hukum
pascal dengan melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan pada LKPD 2 dengan
benar
4.3.1.1 Peserta
didik secara berkelompok (5 orang) dapat menyelidiki hubungan antara tekanan hidrostatis dengan
oleh kedalaman fluida dengan melakukan percobaan pada LKPD 1 dengan benar
4.3.1.2
peserta didik secara berkelompok (5 orang) dapat menyelidiki hubungan tekanan
hidrostatis dengan massa jenis fluida
dengan melakukan percobaan pada LKPD 1 dengan benar
4.3.2.1
peserta didik secara berkelompok (5 orang) dapat menentukan nilai gaya angkat
sesuai konsep hukum pascal dengan melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan
pada LKPD 2 dengan benar
E. Materi
Pembelajaran
1.
Hukum
Pokok Hidrostatika
2.
Hukum
Pascal
F.
Pendekatan,
Model, Metode, Teknik, Taktik Pembelajaran
1.
Pendekatan : pendekatan ilmiah
2.
Model :
discovery learning
3.
Metode :
eksperimen
4.
Teknik :
kedisiplinan
5.
Taktik Pembelajaran : pengelompokan berdasarkan hubungan
emosional
G. Langkah-lahkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
·
Menyapa peserta didik dengan salam “ Assalamu Alaikum Wr. Wb.bagaimana
kabarnya siang ini? Mengecek kehadiran dengan menanyakan kepada ketua kelas
Fase 1: Orientasi peserta didik pada masalah, stimultion
·
Guru memperlihatkan gelas dan meminta peserta
didik untuk mengamati gelas tersebut (mengamati)
·
Guru membuka kesempatan kepada peserta didik
mengenai gelas yang diperlihatkan, misalnya “mengapa bagian dasar gelas lebih
tebal di banding bagian atasnya?dan mengapa bagian bawah gelas dibuat lebih
kecil dibanding bagian atasnya?”(Menanya)
·
Guru menampilkan power point yang berisi judul tujuan pembelajaran dan guru
meminta salah seorang peserta didik untuk membacakan dengan lantang
tujuan-tujuan pembelajaran.
·
Guru meminta salah satu peserta didik untuk
memimpin doa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah diniatkan
·
Guru menyampaikan skenario pembelajaran
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan
inti
Fase
2: Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
·
Peserta didik dibagi dalam kelompok kecil, tiap
kelompok terdiri dari 5 orang
·
Guru membagikan bahan bacaan hukum hidrostatis dan
hukum pascal dan meminta peserta didik membacanya delama 15 menit
·
Guru membagikan LKPD 1 dan LKPD 2 secara
berkelompok
Fase 3: Membimbing
penyelidikan individu/kelompok (data processing)
Eksperimen/eksplorasi
·
Peserta didik diminta untuk melakukan percobaan
secara berkelompok (5 orang) sesuai dengan LKPD 1 yang dilanjutkan dengan
LKPD 2
·
Peserta didik mencatat data sesuai
pengamatan.
·
Guru membimbing peserta didik untuk melakukan
prosedur percobaan dengan aman dan benar, tanpa takut salah.
·
Guru mengarahkan agar semua peserta didik dapat
terlibat aktif dalam kelompoknya.
Fase 4: Mengembangkan dan menyaji hasil karya
Mengasosiasikan/
mengolah informasi
·
Peserta didik diminta untuk mengolah hasil
percobaan dari LKPD 1 dan 2 kemudian mendiskusikannya secara berkelompok.
·
Guru membimbing peserta didik dalam mengolah hasil
percobaan
Fase 5: (verification/pembuktian)
Mengomunikasikan
·
Setiap kelompok peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
·
Guru menilai jalannya diskusi
·
Peserta didik dan guru
besrsama-sama menjawab pertanyaan yang ditanyakan di awal pembelajaran (tentang
bendungan)
·
Guru meminta peserta didik untuk
menyelesaikan tugas evaluasi pada buku bacaan, untuk mengetahui pemahaman
peserta didik tentang materi yang telah dipelajari
·
Peserta didik menyelesaikan tugas
evaluasi yang dibagikan guru
|
100 menit
|
3.
|
Penutup
Fase 6: generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
·
Guru dan peserta didik
menyimpulkan tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan tersebut
·
Memberikan pekerjaan rumah (PR)
pada peserta didik yang pada saat kegiatan pembelajaran inti bermain-main dan
kepada peserta didik yang tidak mengerjakan LKPD
·
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
·
Guru meminta salah seorang
peserta didik memimpin doa
|
20 menit
|
|
|
135 menit
|
H. Penilaian
Prosedur Penilaian
1. Teknik
Penilaian : Tes tertulis dan tes unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen : Essay dan uji petik kerja
3.
Instrumen Penilaian :
a) Lembar
Penilaian Kognitif (terlampir)
b) Lembar
Penilaian Psikomotorik (terlampir)
c) Lembar
penilaian afektif (terlampir)
4. Pedoman
Penskoran (terlampir)
I.
Media,
Alat/ Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media,
alat, dan bahan :
·
Media :
Simulasi/gambar/PPT
·
Alat :
Pipa U, corong dari botol air mineral, selang, penggaris, spoit, papan
penampang, balon, pulpen
·
Bahan :
air, minyak goreng, dan sunlight
2. Sumber
belajar : Bacaan
Siswa (internet, buku bacaan, bahan bacaan yang dibuat oleh guru) dan LKPD
ijin save sebagai liteerasi mengajar
ReplyDelete